13
Feb
09

Creativity of L’occitane Print Ad

 

Print Ad L’occitane

            Untuk memperkenalkan produknya, L’occitane memang tidak pernah mengiklankannya melalui media televisi. Tetapi, iklan L’occitane berbentuk print ad dapat dengan mudah kita temui di majalah-majalah wanita. Penulis menemukan salah satu print ad L’occitane di majalah Cosmopolitan. Penulis yang memang telah 2 tahun belakangan berlangganan majalah ini, setelah mengobarik-abrik kembali koleksinya, menemukan 2 versi iklan L’occitane. Satu print ad dari majalah edisi beberapa bulan sebelumnya yang penulis analisis kurang kreatif, dan satu lagi dari majalah edisi terbaru, yaitu Juni 2008 yang penulis analisis termasuk iklan yang kreatif.

            Mengapa salah satunya penulis sebut kreatif dan yang satu lagi penulis tidak sebut kreatif? Berikut analisis dari penulis:

Print Ad L’occitane yang Kreatif

l'occitane Delightful Shape

            Kreatifitas didefenisikan sebagai “Kualitas yang dimiliki seseorang untuk membuat pendekatan yang baru di dalam suatu situasi, yang merefleksikan solusi-solusi yang baru dan yang telah dikembangkan untuk suatu masalah”. Di dalam IMC, kreatifitas ini dapat diartikan sebagai kemampuan seorang marketer untuk membuat suatu informasi dalam rangka memperkenalkan produknya kepada konsumen dengan cara dan sudut pandang yang sama sekali berbeda dari produk-produk lain yang sejenis untuk membuat suatu diferensiasi dalam iklan tersebut sehingga nantinya akan dapat menarik perhatian target market-nya untuk lebih memberikan perhatian pada produk di dalam iklan tersebut.

            Ketika akan membuat suatu iklan yang kreatif, marketer harus menetapkan strategi kreatif dari iklan tersebebut. Strategi kreatif ini adalah “apa pesan dari iklan tersebut yang akan dikomunikasikan”. Setelah menjawab pertanyaan tersebut, kemudian marketer dapat menyusun taktik kreatif yang harus dapat menjawab pertanyaan “bagaimana strategi untuk menyampaikan pesan itu dilaksanakan”.

            Brand L’occitane yang memang sedari awal berdiri memposisikan dirinyanya sebagai penyedia produk kecantikan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, berusaha untuk tetap mengingatkan konsumen akan hal tersebut yang menjadi kelebihannya, dengan selalu memasukkan unsur-unsur alam ke dalam setiap produknya. Tak terkecuali dengan print ad yang telah penulis lampirkan pada halaman sebelumnya. Produk L’occitane tersebut terbuat dari bahan alami, yaitu protein almond, minyak esensial, peppermint, dan palmarosa, yang tercantum pada body copy di bagian bawah iklan. Bila hanya body copy saja yang dicantumkan, tentunya tidak akan menarik perhatian konsumen yang cenderung melewati iklan yang terlalu banyak tulisan tanpa image yang menarik dan mudah dimengerti. Untuk lebih menarik, iklan ini menampilkan gambar ranting pohon almond beserta tentu saja buah almondnya.

            Iklan L’occitane di atas, adalah produk krim gel bernama “Delightful Shape” yang berfungsi sebagai penghalus dan pembentuk tubuh. Dalam body copy-nya dijelaskan bahwa produk ini bermanfaat untuk membentuk tubuh dengan membuat kulit tampak lebih kencang, serta mengatasi selulit. Yang menarik dari iklan ini yang membuat penulis berkesimpulan bahwa iklan ini kreatif ketika pertama kali melihatnya, adalah gambar produk yang diikat di sela-sela 2 ranting almond sehingga membentuk siluet tubuh (pinggang) perempuan yang langsing. Produk “Delightful Shape” ini tidak seperti produk sejenis lainnya yang biasanya memakai model wanita bertubuh langsing sempurna dengan pinggang dan pinggul yang berlekuk indah. L’occitane berhasil membuat iklan yang efektif dengan langsung menggabungkan fungsi “Delightful Shape” sebagai gel pembentuk tubuh, sekaligus mengkomunikasikan bahwa produk ini terbuat dari bahan alami, yaitu ekstrak almond, dengan cara membentuk ranting-ranting almod tersebut sedemikian rupa dengan diikatkan pada produk sehingga membentuk siluet pinggang wanita bertubuh langsing.

            Ternyata, iklan L’occitane tidak selalu kreatif. Ketika penulis membuka-buka koleksi majalah lama, penulis menemukan versi iklan L’occitane yang biasa-biasa saja.

 

Print Ad L’occitane yang Kurang Kreatif

l'occitane eye balm

            Produk L’occitane di atas adalah “Immortelle Eye Balm” yang berfungsi untuk mengurangi kantung mata, lingkar hitam, serta tanda-tanda kelelahan pada mata. Iklan ini mengkomunikasikan bahwa produk “Immortelle Eye Balm” mengandung ekstrak minyak esensial dari bunga Immortel, yang ditunjukkan dari body copy di bagian atas, serta gambar bunga-bungan Immortelle di sekeliling produk.

            Produk-produk L’occitane memang konsisten dalam membuat print ad produknya dengan tidak menampilkan model manusia sebagai endorser. Tetapi, menurut penulis print ad ini sama sekali tidak menarik dan kreatif karena beberapa hal sebagai berikut:

  • Tidak jelas apakah ini produk ini untuk seluruh wajah ataupun hanya untuk bagian di sekitar mata. Karena pada body copy dikatakan bahwa produk ini merupakan rangkaian produk perawatan wajah, sedangkan pada produknya tertulis bahwa ini adalah eye balm.
  • Hanya menampilkan foto produk dan gambar bunga, tidak ada sesuatu yang istimewa… Tidak menangkap hubungannya dengan manfaatnya bagi kecantikan wanita akan mata yang lebih indah.
  • Mungkin yang akan menarik perhatian konsumen hanya tulisan “Best Seller” pada bagian kanan produk.
  • Nyatanya, karena produk-produk L’occitane mempunyai harga yang premium dan mempunyai pesaing dekat, yaitu The Body Shop yang menawarkan produk yang hampir sama dengan harga yang lebih murah, L’occitane harus mempertegas kelebihan dan “kedahsyatan” manfaat produk “Immortellw Eye Balm” ini melalui iklan yang lebih kreatif dan mengena.

1 Response to “Creativity of L’occitane Print Ad”


  1. April 1, 2009 pukul 2:10 am

    wa..analisis yang bagus yan… nggak nyangka dikau jadi bergerak ke arah marcomm..daku juga suka banget nganalisis n ngomongin seputar brand, IMC, n marketing..tapi kini lagi suka mantengin online promotion n online marketing..besok2 diskusi bareng yuuks..kalau bisa buat karya bareng sekalian ^_^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Follow Shine on Tweeter

Blog Stats

  • 49,720 hits

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: