19
Jan
10

Singapore Airlines

Berikut ini adalah pertanyaan dan jawaban dari tugas tentang Singapore Airlines yang Shine kerjakan waktu masih kuliah tahun 2007,  semoga masih relevan dan dapat menjadi referensi bagi teman-teman🙂

1.   Apa sajakah kunci sukses untuk SIA?

Kunci sukses SIA adalah:

  • SIA menggunakan Singapura sebagai satu hub (pusat jaringan) raksasa, dengan jaringan kota-kota di negara-negara sekitarnya. Lebih luas jaringannya, maka akan lebih efektif sistem hub ini, dan sehingga akan lebih mudah untuk membujuk penumpang (misal, dari Sydney) untuk terbang memakai SIA ke beberapa kota tujuan di Eropa melalu Singapura.
  • SIA menetapkan tarif yang rendah untuk para penumpang transit untuk membuat pengalaman transit mereka di Singapura menyenangkan.
  • SIA menekankan pada budaya kesempurnaan dan sangat konsisten pada jasa pengantaran dan janji brand-nya. Simbol dari SIA adalah Singapore Girl-nya (pramugari) yang dikenal dengan servisnya yang sempurna dan baik. Brand Image dari Singapore Girl adalah hangat, tulus, dan kepribadian yang menarik.
  • SIA mengoperasikan armada pesawat yang paling baru dan modern, sehingga menghasilkan ketepatan waktu dan keamanan bagi para penumpang.
  • Teknologi terbaru yang dipakai tidak terbatas pada armada pesawatnya, tetapi juga pada hiburan selama penerbangan. Bahkan di kelas ekonomi pun, penumpang diberi fasilitas audio dan video dengan hampir 200 pilihan hiburan.
  • Inovasi servis yang disertai dengan branding yang kuat. Kelas Bisnis dari SIA di-branded­-kan sebagai Raffles Class, program Frequent flier-nya  sebagai KrisFlyer, majalah selama penerbangannya sebagai silver kris, daerah menunggu diairport  dengan nama silver kris lounge dan hiburan selama penerbangannya dengan kris world. Sedangkan untuk penumpang kelas satunya ditawarkan makanan kelas dunia.
  • SIA adalah jasa penerbangan pertama yang menawarkan pilihan makanan, minuman gratis, dan headphone untuk penumpang kelas ekonomi. Kelas bisnis dan kelas satu dapat memesan makanan dan akan dibuatkan secara khusus.
  • Tidak seperti jasa penerbangan lainnya, SIA melakukan perbaikan terhadap kabinnya secara berkala.
  • Selama Asia berada dalam keadaan krisis ekonomi, SIA melakukan investasi sebesar 100 juta dollar pada Space beds, yaitu sebuah fasilitas yang menyediakan penumpang kelas bisnis dengan tempat duduk yang bisa diturunkan hampir mencapai 180 derajat.
  • Bahkan beberapa waktu lalu, SIA sebagai jasa penerbangan pertama ang memakai pesawat A-380. Pesawat berkapasitas 500 sampai 600 orang ini memungkinkan SIA untuk menerbangkan lebih banyak penumpang tanpa menambahkan frekuensi penerbangan sehingga mengurangi masalah pendaratan pada airport yang padat seperti Heathrow dan Narita.

 

2.      Di sisi mana SIA paling lemah (rawan)? Apa sajakah hal-hal yang harus SIA waspadai?

Sisi SIA yang paling lemah (rawan):

  • Ketergantungan SIA kepada lalu lintas penumpang sixth-freedom memberi efek yield revenue SIA sebagai yang terendah di antara jasa penerbangan besar lainnya. Hal tersebut dikarenakan SIA harus menetapkan tariff yang rendah untuk para penumpang transit untuk membuat pengalaman transit mereka di Singapura menyenangkan, sehingga akan menarik penumpang untuk melakukan transit di Singapura.

Hal-hal yang harus SIA waspadai:

  • SIA biasanya bertumbuh dengan menambah rute penerbangan yang menguntungkan, namun saat ini rute pernerbangan yang menguntungkan itu sudah dalam keadaan jenuh, dan pada keadaan ini pertumbuhan akan bisa tercapai dengan menambah frekuensi penerbangan di jalur penerbangan yang sudah ada dibandingkan dengan menambah membuat suatu rute penerbangan yang baru.
  • Meskipun SIA adalah jasa penerbangan pertama yang menerbangkan airbus yang super besar ( A-380) namun  jasa penerbangan emirates sudah memesan pesawat ini sebanyak 45 unit – terbanyak dari semua jasa penerbagan di dunia – dalam rangka melakukan ekspansi armada pesawat yang merencanakan untuk menjadikan kota Dubai sebagai pusat jaringan (hub). Saat ini Emirattes telah berhasil mengambil pangsa pasar corporate travelers yang sebelumnya memakai jasa British Airways. Dan bahkan saat ini mengincar pasar dengan pertumbuhan tinggi seperti Cina.
  • Kemunculan dari jasa penerbangan yang low-cost seperti Air-Asia dan Jetstar Asia menyebabkan SIA terdesak, dan memaksa terjadinya tekanan harga tiket terutama untuk rute-rute jarak dekatnya.
  • Ancaman jangka panjang adalah munculnya China Airlines. Air china sedang menaikkan servis di kelas bisnis dan kelas satunya pada rute-rute internasionalnya, dan ada spekulasi mengenai rencana Air China untuk mengakuisisi Cathay Pacific. Jika ini terjadi, maka Air China akan menjadi salah satu dari jasa penerbangan terbesar di dunia.

 

3.      Rekomendasi apa yang anda buat kepada para eksekutif marketing senior ke depan? Dan apa saja yang sebaiknya mereka harus lakukan pada strategi marketing mereka?

  • Jasa penerbangan sixth-freedom merupakan salah satu kunci sukses SIA. Akan tetapi SIA harus menetapkan tariff yang rendah untuk para penumpang transit tersebut. Untuk lebih meningkatkan yield revenue SIA pada sixth-freedom ini, SIA harus menambah kapasitas jumlah penumpang dan frekuensi penerbangan, agar jumlah penumpang sixth-freedom semakin banyak.
  • Keselamatan penerbangan merupakan hal yang paling utama diperhatikan oleh calon penumpang pesawat terbang. SIA harus mempromosikan jasa penerbangan mereka dengan memberi info kepada para calon penumpang bahwa armada pesawat terbang yang mereka gunakan adalah pesawat yang paling baru dan modern.
  • Untuk menghadapi persaingan dari jasa penerbangan yang low-cost seperti Air Asia dan Jetstar, sebaiknya SIA membuat suatu divisi penerbangan baru hanya untuk rute jarak dekat dengan harga tiket yang juga low-cost.
  • SIA harus secepatnya mengadakan ekspansi ke Cina dengan memasuki pasar Cina sebelum Emirates terlebih dahulu masuk ke Cina, dan sebelum China Airlines mengakuisisi Cathay Pasific.

SIA harus meningkatkan servisnya pada kelas bisnis dan kelas satunya pada semua rute penerbangan untuk merebut pangsa pasar dari British Airways, Emirates, dan China Airlines. .


0 Responses to “Singapore Airlines”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Follow Shine on Tweeter

Blog Stats

  • 49,720 hits

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: